Cara merawat laptop atau komputer agar tahan lama

Kali ini saya akan memberi tips dan cara agar laptop atau komputer sobat tidak cepat rusak dan awet.

Cara Merawat Laptop Atau Komputer agar tahan lama tentunya membutuhkan perawatan ekstra.
Namun merawat  laptop atau komputer tidak terlalu sulit ataupun terlalu mudah yang harus sobat lakukan  hanya rajin dan tekun merawat laptop atau komputer yang sobat miliki.
Jika sobat tidak merawat laptop atau komputer dengan baik tidak di pungkiri laptop atau komputer yang sobat miliki akan cepat rusak.

Berikut Cara Perawatan laptop atau komputer agar Tahan lama

1. Membersihkan Hardware dengan Teratur.

Supaya komputer sobat bisa tahan lama, biasakan untuk membersihkan komponen hardware pada komputer minimal 6 bulan sekali

Sebab, jika komputer sobat jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan, maka akan banyak debu serta kotoran yang menempel pada komponen komputer sobat yang akan berpengaruh pada kinerja  serta menghambat sirkulasi komputer yang membuat komputer/laptop lebih cepat panas.

Untuk membersihkan hardware komputer bisa dilakukan dengan membuka casing komputer dengan obeng plus ukuran besar lalu lepaskan seluruh kabel seperti power supply dan kabel lain yang terhubung dengan motherboard.

Lepaskan juga power supply dari dudukan dan pisahkan di tempat yang aman, lanjutkan dengan melepas motherboard dengan membuka baut pengunci motherboard lalu letakkan juga di tempat yang aman dan lepaskan juga RAM pada motherboard tersebut.

Bersihkan semua komponen dengan memakai kuas sampai tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal dengan memakai blower karet atau air blower dan pasangan kembali setiap komponen dengan baik sesuai urutannya.

2. Gunakan Tegangan Listrik Stabil

Pastikan juga sumber listrik yang sobat gunakan untuk komputer tidak naik turun alias stabil dan sobat bisa memakai stavol supaya komputer bisa selalu dalam keadaan yang stabil.

Jika tegangan listrik yang digunakan untuk komputer tersebut naik turun, maka cepat atau lambat akan menimbulkan kerusakan pada power supply serta motherboard komputer dan biaya yang kamu butuhkan untuk memperbaiki dua komponen ini tidaklah sedikit.

3. Matikan Komputer Sesuai Dengan Aturan

Jangan pernah langsung mematikan komputer/laptop yang kamu miliki dengan cara langsung mencabut stop kontak saat komputer kamu masih hidup atau beroperasi.
Atau langsung Menutup layar Laptop Saat Masih Menyala

Selalu matikan komputer/Laptop dengan benar sesuai dengan prosedur yaitu dengan klik pada tombol start dan shutdown.

4. Uninstal Program Yang Jarang di Pakai

Jika sobat memiliki beberapa program atau aplikasi yang jarang atau bahkan tidak sobat gunakan, maka lebih baik hapus atau uninstall saja sebab hanya akan memperlambat kinerja dari laptop/komputer yang sobat miliki.

Jika hardisk sudah penuh dan tidak dihiraukan, maka sobat harus bersiap untuk mengalami kerusakan cukup berat pada laptop/komputer yang sobat punya tersebut.

5. Jauhkan laptop/komputer dari Magnet

Magnet yang berada di sekitar komputer dengan jarak yang terlalu dekat bisa merusak perangkat keras pada CPU dan juga monitor komputer yang sobat miliki.

Oleh karena itu, jauhkan berbagai benda yang mengandung magnet dari sekitar komputer supaya aman dan menghindari kerusakan komputer.

6. Pakai Antivirus

Jangan lupa juga sobat harus install antivirus dan update serta lakukan scanning dengan teratur pada setiap drive komputer yang kamu punya seperti 1 minggu sekali atau 1 bulan beberapa kali dan seterusnya.

7. Gunakan Hardware berkualitas

Hardware yang sobat pakai pada akan berpengaruh pada kinerja dari laptop/komputer tersebut. Oleh sebab itu, pastikan sobat sudah memakai hardware yang berkualitas dan jangan segan untuk membeli hardware dengan harga cukup tinggi karena biasanya memiliki kualitas bagus dan awet

Supaya tidak salah pilih, kamu bisa bertanya langsung pada ahli di bidang hardware supaya bisa mendapatkan solusi terbaik untuk komputer kamu.

Cukup sekian, dan jangan lupa untuk merawat laptop atau komputer sobat agar awet karena kalo cepet rusak rugi:'v
Semoga tips dan cara merawat laptop atau komputer agar tahan lama di atas bisa bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer